Apa itu Anaphoric, Cataphoric, dan Exophoric Reference ? - Miss Nana

Apa itu Anaphoric, Cataphoric, dan Exophoric Reference ?

Sabtu, 30 Oktober 2021

Apa itu Anaphoric, Cataphoric, dan Exophoric Reference ?

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

 


Halo sahabat guru, disini saya akan menjelaskan apa itu anaphoric reference, cataphoric reference dan exophoric reference.

Sebelum saya menjelaskan ketiga reference tersebut , mari kita lihat tabel berikut ini:


Berdasarkan tabel diatas kita dapat ketahui bahwa yang membedakan ketiga jenis reference tersebut adalah location of referenced noun-nya yaitu lokasi dimana reference noun nya itu berada.
Ketika dia dikatakan Anaphoric Reference maka referenced noun-nya berada di awal kalimat  atau dinamakan dengan sooner in the sentence. Dan ketika referenced noun-nya itu muncul setelah kalimat, maka dia dikatakan dengan Cataphoric Reference. Sedangkan ketika referenced noun-nya tidak ditemukan di dalam kalimat, maka dia disebut dengan Exophoric Reference, dimana referenced noun-nya itu tidak dijelaskan pada kalimat atau berada diluar kalimat.

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita lihat pengertian dan contoh kalimatnya.

Pengertian Anaphoric, Cataphoric, dan Exophoric Reference

Anaphoric Reference
Anaphoric Reference yaitu terjadi ketika pronoun/word/phrase menunjukkan sesuatu yang disebutkan lebih awal dari sebuah kalimat.

Contoh :
Risa went to the cinema. She was annoyed because it was closed.





Berdasarkan contoh diatas kita ketahui bahwa yang menunjukkan pronoun yaitu she dan it. She refers to Risa dan  It refers to the cinema. Posisi she menunjukkan Risa sedangkan it menunjukkan the cinema. Penjelasan dari Risa dan the cinema lebih awal dari pronounnya (She dan it) itu sendiri yaitu berada di awal kalimat. Nah posisi seperti inilah disebut dengan Anaphoric Reference.


Cataphoric Reference
Cataphoric reference adalah kebalikan dari Anaphoric Reference, yaitu terjadi ketika sebuah pronoun, word atau phrase disebutkan setelah kalimat pertama.

Contoh :
Although I phone her every week, my mother still complains that I don’t keep in touch often enough.


Berdasarkan contoh diatas kita ketahui bahwa her refers to my mother. Penjelasan dari my mother terletak setelah kalimat pertama. Maka posisi seperti ini disebut dengan Cataphoric Reference.


Exophoric Reference
Exophoric Reference yaitu terjadi ketika sebuah pronoun, word, atau phrase yang ditunjukkan tidak disebutkan di dalam kalimat. Maksudnya, orang yang terlibat pada kalimat tersebut tidak disebutkan namun penulis/pembaca telah mengetahui siapa pronoun, word atau phrase tersebut. 

Contoh :
I told her that she could find it on a map, but you know how she is.



She and her refer to a person not ever mention within the sentence.
It refers to a place not ever mentioned within the sentence.
Nah pada kalimat diatas kita tidak menemukan siapa penjelasan pronoun itu karena tidak disebutkan pada kalimat. Penjelasan pronoun-nya tidak disebutkan namun pembaca/penulis telah mengetahui siapa itu her, she, dan it.
Ketika kita tidak menemukan penjelasan dari pronoun maka kalimat tersebut disebut dengan Exophoric Reference.

Demikianlah penjelasan tentang Anaphoric, Cataphoric, dan Exophoric Reference. Semoga bermanfaat!

bm

Di website ini saya akan membagikan beberapa pengalaman saya, semoga bermanfaat...